Cara mengetahui Kapan Website Mulai Terindeks Google

Anda baru saja membuat website atau blog baru dengan domain yang baru anda beli atau menggunakan alamat dari penyedia website atau blog gratisan seperti WordPress.com atau Blogger. Beberapa halaman atau postingan pun telah Anda buat pada website tersebut. Memasukkan URL Anda ke Google dan search engine lainnya merupakan langkah selanjutnya yang Anda lakukan, begitu juga dengan menitipkan URL website atau blog untuk dicantumkan di blog teman dan tidak lupa mencantumkan URL tersebut di mana ada kesempatan.
Hari berikutnya, Anda mungkin sudah mulai mengecek, apakah website atau blog baru tersebut sudah mulai terindeks oleh Google. Karena Anda hanya ingin mengetahui
apakah sudah terindeks atau belum, Anda mungkin masih belum menggunakan kata kunci atau keyword tertentu. Anda masukkan alamat web atau blog langsung pada kotak pencarian Google atau menggunakan operator pencarian site:akusukahero.blogspot.com misalnya.

Mungkin saja, Anda sudah dapat langsung mendapati bahwa beberapa halaman web atau blog yang Anda buat sudah ada dalam hasil pencarian Google. Bersyukurlah, karena dengan masuknya dalam indeks Google, ada kemungkinan pengunjung yang masuk melalui hasil pencarian. Jika belum terindeks Google, kemungkinan Anda akan mendapati halaman seperti ini:

Besoknya, Anda pun mencoba melakukannya lagi dan mendapati hal yang sama.
 Jika kegiatan sekedar mengecek apakah sudah terindek atau belum cukup merepotkan Anda dan juga membuat Anda kecewa beberapa kali, mungkin tips singkat saya ini ada gunanya. Tapi saya sendiri pun belum mencobanya. Ini tiba-tiba saja terpikir oleh saya ketika tadi melihat-lihat Google Alerts, dan sepertinya dapat digunakan untuk keperluan ini.
Setelah masuk Google Alerts, buatlah Google Alert baru seperti pada gambar di samping. Pada search terms isikan site:blogbarusaya.wordpress.com, dan tentu saja ini perlu disesuaikan dengan alamat website atau blog baru Anda. Kemudian pada Type, pilih Web. Untuk pilihan How often, ambil as-it-happens, yang maksudnya informasi berupa email cukup dikirimkan ke alamat email yang Anda masukan ketika sudah ada hasil pencarian yang didapatkan. Dengan kata lain, website atau blog Anda sudah terindeks oleh Google. Jadi, Anda tidak perlu mengecek setiap hari hanya untuk mengetahui keadaan ini, cukup tunggu email dari Google datang.
Kemungkinan tips ini tidak ada gunanya ya, karena jika hanya menyangkut mulai terindeks, Google sepertinya sangat cepat. Tapi itulah yang terpikir pertama kali, kegunaan Google Alerts. Mungkin Anda mempunyai ide lain yang lebih berguna untuk memanfaatkan Google Alerts?

Semoga bermanfaat

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.